Penyebab Kanker Otak

Kanker otak adalah jenis kanker yang tumbuh di dalam otak . Penyakit ini termasuk ganas dan mematikan bila sudah berkembang. Maka dari itu anda harus bisa mengetahui penyebab-penyebabnya agar tidak terkena penyakit yang sangat berbahaya ini.

Kanker otak bisa disebabkan oleh faktor genetik atau riwayat keluarga. Anda akan mempunyai resiko terkena kanker otak yang lebih besar jika ada anggota keluarga anda yang punya riwayat menderita kanker otak. Butuh upaya pencegahan lebih lanjut agar gen-gen yang menyebabkan kanker otak tidak berkembang menjadi lebih besar.

Selain itu anda juga beresiko terkena kanker otak jika anda pernah terkena benturan pada kepala. Misalnya pernah jatuh dari ketinggian, pernah terhantam benda dengan sangat keras pada kepala, dan lain-lain. Benturan yang sangat keras ini dapat menyebabkan trauma pada jaringan otak, sehingga bisa jadi penyebab tumbuhnya jaringan abnormal dalam otak. Pada akhirnya jaringan abnormal pada otak ini bisa berkembang menjadi kanker otak.

Penyebab yang lain bisa berasal dari pola hidup yang tidak sehat. Misalnya minum alkohol, merokok, makan makanan berkolesterol tinggi, makan gorengan yang menggunakan minyak goreng yang digunakan berkali-kali dan makan atau minum produk yang mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan. Pola hidup yang tidak sehat seperti itu dapat merusak sistem saraf otak, dan pada akhirnya akan menjalar dan berkembang menjadi kanker otak.

Dan yang terakhir, penyebab kanker otak juga bisa disebabkan oleh radiasi yang dihasilkan oleh berbagai macam benda elektronik yang ada di kehidupan sehari-hari kita. Misalnya televisi, komputer, handphone dan radio. Paparan radiasi yang dihasilkan oleh barang – barang elektronik melalui gelombang mikro dapat memicu berkembangnya sel kanker pada tubuh manusia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>